ILC Forum











{Juli 1, 2009}   Situs Web Lesbian Pertama

“Srikandi melambangkan perempuan yang memiliki keberanian pribadi tapi lembut serta tidak melupakan martabatnya sebagai seorang perempuan. Ada sejumlah versi dalam wayang mengenai Srikandi ini, tapi yang jelas semuanya mengacu pada ‘keberanian’ seorang Srikandi. Oleh sebab itulah kita juga harus berani menerima diri kita sendiri untuk bisa menguasai ketakutan akan realitas bahwa kita berbeda dan unik”.
Demikian cuplikan kata-kata yang bisa kita baca dari website/situs web Swara Srikandi (www.swara.cjb.net). Swara Srikandi, website lesbian pertama, dibuat khususnya untuk melayani kebutuhan perempuan lesbian Indonesia. Website ini didirikan oleh empat relawan yang merasakan perlunya kebutuhan untuk menyatukan kaum lesbian Indonesia sehingga nantinya mereka bisa membentuk suatu komunitas.
Mendukung Pengembangan Diri
Masih banyak perempuan lesbian yang mengalami kesulitan baik dalam memahami maupun menerima diri sendiri berkaitan dengan orientasi seksual mereka. Di samping itu, di tengah masyarakat yang homophobi seperti di Indonesia, banyak dari perempuan lesbian juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan teman atau kelompok lesbian. Oleh karena itulah, Swara Srikandi hadir, dengan harapan kebersatuan mereka bisa mendukung pengembangan diri perempuan lesbian.
Memberi Pemahaman
Dengan bersatu, mereka bisa pula melakukan hal-hal positip di masyarakat. Kehadiran Swara Srikandi juga dimaksudkan untuk memberi pemahaman yang benar kepada masyarakat heteroseksual tentang perempuan lesbian. “Lesbian adalah juga manusia biasa, yang tidak lebih rendah ataupun lebih tinggi dari yang lainnya. Yang membedakan kami hanyalah orientasi seksual saja”, demikian ditegaskan oleh Wina, ketua Swara Srikandi.
Pilihan Logis
“Internet merupakan pilihan yang logis karena teknologi ini memungkinkan para perempuan lesbian bertemu, berbicara, berkenalan, dan berdiskusi, tanpa harus membuka identitas diri mereka yang sebenarnya, apabila yang bersangkutan tidak bersedia” Demikian jelas Wina. Namun keterbatasannya adalah bahwa mereka yang memiliki akses ke internet saja yang bisa mengakses website tersebut.
Berbagai Kegiatan
Kegiatan Swara Srikandi tidak hanya terbatas pada website saja. Dalam masa dua tahun keberadaanya, Swara Srikandi telah melakukan berbagai kegiatan seperti mengadakan diskusi gender dan seksualitas, mengikuti konperensi dan workshop baik nasional maupun internasional, liburan bersama, dll. (disiarkan dalam Suara Perempuan, Senin 19 Agustus 2002) (19/08/2002)
Oleh: Juliani Wahjana, 30 Agustus 2002



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: